KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK: PEMBUKTIAN OLEH TENAGA MEDIS (SEXUAL VIOLENCE AGAINST CHILDREN: EVIDENCE BY MEDICAL PROFESSIONAL)

  • Nurul Aida Fathya Laboratorium Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal, Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Elly Noer Rochmah Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Faris Fauzan Zain Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani

Abstract

Kasus kekerasan seksual pada anak merupakan fenomena gunung es, karena korban umumnya enggan melapor. Bentuk kekerasan seksual pada anak meliputi tindakan menyentuh atau mencium organ seksual, memperlihatkan pornografi, menunjukkan alat kelamin, seks oral, masturbasi, seks anal, hingga persetubuhan. Kekerasan seksual pada anak termasuk ke dalam tindak pidana, dan untuk pembuktiannya dibutuhkan data medis atas korban. Bukti adanya kekerasan adalah luka atau bekas luka pada tubuh korban. Permasalahan pembuktian tanda kekerasan muncul ketika korban tidak segera melapor, dan dilakukan pemeriksaan medis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola perlukaan korban kekerasan seksual pada anak. Metode penelitian ini bersifat deskriptif dengan data penelitian yang diambil dari rekam medis korban. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin Bandung, sebagai rumah sakit rujukan utama Provinsi Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 71 kasus selama periode 2012-2017 dengan 90,14% korban anak perempuan; 70,42% pada kelompok usia 13-18 tahun; hymen sebagai lokasi tunggal tersering ditemukannya luka yakni 42,19%; pada korban laki-laki tidak ditemukan luka genital; 42,85% korban anak laki-laki mengalami luka lecet pada anus; pada 25,35% korban tidak ditemukan luka baik genital ataupun ekstragenital. Tidak ditemukannya luka ataupun jaringan parut bukan berarti bahwa pada korban tidak terjadi kekerasan.


DOI : 10.35990/mk.v3n2.p85-102

Published
2020-04-30
How to Cite
FATHYA, Nurul Aida; ROCHMAH, Elly Noer; ZAIN, Faris Fauzan. KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK: PEMBUKTIAN OLEH TENAGA MEDIS (SEXUAL VIOLENCE AGAINST CHILDREN: EVIDENCE BY MEDICAL PROFESSIONAL). Medika Kartika : Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 85-102, apr. 2020. ISSN 2655-6537. Available at: <http://medikakartika.unjani.ac.id/medikakartika/index.php/mk/article/view/95>. Date accessed: 23 apr. 2024.