MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT MILITER DI INDONESIA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN PASIEN

  • Nur Pudyastuti Pratiwi Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi, Jawa Barat, Indonesia
  • Fahira Miftahul Khairina Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi, Jawa Barat, Indonesia
  • Virna Lestari Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi, Jawa Barat, Indonesia
  • Fransisca Vani Stefiani Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi, Jawa Barat, Indonesia

Abstract

Pada pelayanan medis di Rumah Sakit Militer, kepuasan pasien merupakan aspek yang sangat penting. Kepuasan tersebut diperoleh ketika pasien mendapatkan sesuatu yang sesuai dengan harapannya. Kepuasan pasien diperoleh melalui mutu pelayanan yang baik dan melibatkan aspek-aspek dalam penilaian mutu pelayanan. Maksud dari tinjauan literatur ini adalah untuk memahami dampak aspek-aspek dalam kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien. Artikel yang dilakukan review diperoleh melalui penelusuran portal Google Scholar. Hasil penelusuran diperoleh 42 artikel yang kemudian dieksklusi 35 artikel karena tidak memenuhi kriteria sehingga diperoleh 7 artikel yang memenuhi kriteria review. Penelitian pada artikel-artikel ulasan tersebut dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode cross-sectional, di mana data dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner dengan melibatkan lebih dari 50 sampel penelitian. Studi ini mengadopsi lima dimensi dalam mengukur kualitas pelayanan, yakni Keandalan (Reliability), Jaminan (Assurance), Bukti Fisik (Tangible), Empati, dan Responsif (Responsiveness) yang disingkat sebagai RATER. Berdasarkan review yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa di rumah sakit militer kualitas pelayanan memiliki dampak signifikan pada kepuasan pasien, dengan kontribusi paling besar berasal dari aspek bukti fisik atau tangible, sementara kontribusi paling kecil berasal dari aspek perhatian atau empati.


 


Kata Kunci : empati, kepuasan pasien, mutu pelayanan, tangible


DOI10.35990/mk.v7n0.p70-80

References

1. Kemenkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 Tahun 2019 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. 2019;(3):1–80.
2. Soleh I. Pelayanan Kesehatan dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat di Rumah Sakit Panglima Sebaya Kabupaten Paser. Ilmu Pemerintah. 2016;4(2):777–88.
3. Natassa J, Afrizah -. Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Tentara Pekanbaru. Phot J Sain dan Kesehat. 1970;7(02):93–8.
4. Rensi N. Pengaruh Kompetensi Tenaga Medis Dan Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Poncowati Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. J Simplex. 2019;2(2):141–52.
5. Ananda R, Damayanti R, Maharja R. Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Kinerja Pelayanan Kesehatan. J Keperawatan Prof. 2023;4(1):9–17.
6. Darmawan K. Effect Of Quality Of Service, Reputation And Value Of Service Higher Education On Student Satisfaction. J Ilmu Manaj Advant. 2017;1(2):155–65.
7. Kebudayaan PMPDKRIN 22 T 2020 TRSKD. Berita Negara. Menteri Kesehat Republik Indones Peratur Menteri Kesehat Republik Indones. 2020;69(555).
8. Novitasari M, Suhardi Y. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien Di Paviliun Kartika RSPAD Jakarta.” J Ekon Sekol Tinggi Ilmu Ekon Indones [Internet]. 2020;hal. 1-18. Available from: http://repository.stei.ac.id/2864/
9. Marfungah S, Jibar Y, Suryahadiprojo M. Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit TNI AL Dr. Mintohardjo Jakarta. J Ekbank. 2020;3(1):29–36.
10. Pontoan J, Meila O, Asnanik Y, Muharam MA. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Marinir Cilandak Jakarta. J Ilm Manuntung [Internet]. 2020;6(1):41–8. Available from: https://www.jurnal.stiksam.ac.id/index.php/jim/article/view/298/162
11. Supartiningsih S. Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit. J Medicoeticolegal dan Manaj Rumah Sakit, 6 9-15, Januari 2017 [Internet]. 2017;6(1):9–14. Available from: website: http://journal.umy.ac.id/index.php/mrs DOI:
12. Pasca P, Kajian S, Rumah A, Indonesia S, Kesehatan F, Universitas M, et al. Analisis Kepuasan Pasien TNI Sebelum dan Sesudah Penerapan JKN di Ruang Rawat Inap Kelas II RS Dik Pusdikkes Kodiklat TNI AD. J Adm Rumah Sakit Indones. 2016;3(1):1–10.
13. Lestari S. Factors Related to The Quality Of Health Services In The Inpatient Room Of Rumkital. J Kesehat Glob [Internet]. 2019;2(3):158–64. Available from: http://ejournal.helvetia.ac.id/index.php/jkg
14. Rhaina Al Yasin, Nadya Salsabila, Ummi Rahma, Novita Dwi Istanti. Pengaruh mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit : Literature Review. Digit Bisnis J Publ Ilmu Manaj dan E-Commerce. 2022;1(4):01–11.
15. Gunawan G, Suryati Y, Inayah I. Kualitas pelayanan terhadap minat pasien dalam memanfaatkan kembali jasa pelayanan rawat j alan. 2022;13(1):1–11.
16. Nafi’a ZI. Faktor Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Makanan Di Rumah Sakit : Literature Review Patient Satisfaction Factors for Food Service In Hospital : Literature Review Zidni Ilma Nafi ’ a Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat , Fakultas Kesehatan Masyara. J Manaj Kesehat. 2021;7(2):233–47.
17. Oktavia SN, Prayoga D. Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Pada Rumah Sakit Ibu Dan Anak : Literature Review. J Kesehat Tambusai. 2023;4(3):2199–205.
18. Sondakh YJ, Wowor RE, Kolibu FK. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Tingkat Iv Lanud Sam Ratulang. Kesmas. 2019;8(7):99–105.
19. Musa H. Pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien pada klinik citra utama Palembang. J Ilm ilmuh Pengetah Teknol dan seni [Internet]. 2022;1(1):9–21. Available from: https://ojs.politeknikdarussalam.ac.id/index.php/jiipts/article/view/jiipts2
20. Baan RRS. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada RS. Bahagia Makassar. Ekombis Sains J Ekon Keuang dan Bisnis. 2020;5(1):45–52.
Published
2024-01-25
How to Cite
PRATIWI, Nur Pudyastuti et al. MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT MILITER DI INDONESIA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN PASIEN. Medika Kartika : Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, [S.l.], p. 70-80, jan. 2024. ISSN 2655-6537. Available at: <http://medikakartika.unjani.ac.id/medikakartika/index.php/mk/article/view/934>. Date accessed: 27 apr. 2024.