JENIS DAN PERKEMBANGAN VAKSIN TERKINI

  • Lia Siti Halimah Pusat Riset dan Publikasi, Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi, Jawa Barat, Indonesia

Abstract

Pandemi Corona Virus Disease-19 (COVID-19) yang terjadi pada tahun 2019 merupakan tantangan paling berat bagi umat manusia di abad ini. Situasi ini telah mendorong banyak perusahaan dan lembaga penelitian untuk memfokuskan upaya mereka pada penelitian terapeutik dan vaksin yang efektif guna menemukan jawaban yang tepat dalam pengendalian penyakit tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengembangkan berbagai platform dan strategi vaksin secara bersamaan. Secara umum, platform vaksin dibagi menjadi enam kategori: vaksin virus hidup yang dilemahkan, vaksin vektor virus rekombinan, vaksin virus tidak aktif, vaksin subunit protein, vaksin partikel mirip virus (VMP), dan vaksin berbasis asam nukleat DNA atau mRNA. Keberhasilan suatu vaksin memerlukan validasi yang cermat atas kemanjuran dan reaktivitas yang merugikan pada populasi sasaran vaksin, termasuk individu berisiko tinggi yang berusia di atas 60 tahun, mereka yang memiliki penyakit penyerta kronis, petugas kesehatan garis depan, dan mereka yang terlibat dalam industri penting. Desain vaksin menyangkut pemilihan antigen, platform vaksin, serta rute dan rejimen vaksinasi. Pilihan platform vaksin menentukan kekuatan imunogenik relatif dari antigen virus yang diturunkan dari vaksin, apakah diperlukan bahan pembantu, dan sifat kekebalan protektif. Tinjauan ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai upaya yang dilakukan untuk menghasilkan vaksin yang efektif terhadap virus corona baru yang telah melumpuhkan dunia dalam hal perekonomian, kesehatan manusia, dan kehidupan.


Kata kunci : platform, vaksin


DOI : 10.35990/mk.v7n0.p1-13

Published
2024-01-25
How to Cite
HALIMAH, Lia Siti. JENIS DAN PERKEMBANGAN VAKSIN TERKINI. Medika Kartika : Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, [S.l.], p. 1-13, jan. 2024. ISSN 2655-6537. Available at: <http://medikakartika.unjani.ac.id/medikakartika/index.php/mk/article/view/926>. Date accessed: 25 apr. 2024.