PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP MIKROBIOLOGI DASAR PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
Abstract
Pada kasus Covid-19 pada tahun 2019, ilmu mikrobiologi menjadi salah satu sentral utama dalam upaya penanganannya, seperti pembuatan serta pengembangan vaksin. Adapun ilmu mikrobiologi juga menjadi salah satu ilmu yang penting untuk dikuasai pemahamannya oleh mahasiswa, khususnya mahasiswa kedokteran, pada pemahaman melibatkan aspek kognitif, lingkungan, dan psikologis yang dapat memengaruhinya. Pemahaman merupakan salah satu aspek psikologis yang dapat memengaruhinya yakni kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional memengaruhi kecerdasan intelektual yang kemudian akan berpengaruh pada mahasiswa dalam memahami pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman konsep mikrobiologi dasar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya dengan menggunakan metode cross sectional pendekatan observasional analitik dan menggunakan alat ukur Trait Emotional Intelligent Questionnaire-Short Form (TEIQue-SF) untuk variabel kecerdasan emosional kemudian soal tes mikrobiologi dasar untuk variabel pemahaman konsep mikrobiologi dasar. Analisis bivariat menggunakan uji korelasi Spearman Rank dengan p ≤ 0,05 atau 5% dengan menggunakan 118 responden yang sesuai kriteria inklusi. Hasil menunjukkan mayoritas responden memiliki tingkat kecerdasan emosional “rendah” (32,2%) dan terendah yaitu “sangat tinggi” (2,5%). Pada mayoritas responden memiliki tingkat pemahaman konsep mikrobiologi dasar “tidak baik” (72,0%) dan terendah yaitu “sangat baik” sebanyak (0,8%). Uji Spearman rank membuktikan bahwa kecerdasan emosional berhubungan signifikan dengan tingkat pemahaman konsep mikrobiologi dasar (p=0,010 < 0,05). Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman konsep mikrobiologi dasar.
Kata kunci: kecerdasan emosional, mikrobiologi, TEIQue-SF
References
2. Riza F, Yoto Y. Membangun Kecerdasan Emosional Siswa SMK untuk Menjawab Tantangan Industri Modern. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual. 2023;8(4):940-947.
3. Suciati W. Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional Dan Kemandirian Belajar. 1st ed. CV. Rasi Terbit; 2016.
4. Fadillah Rahmi M, Satria Prasetyo P, Nurhabibah R, Perdana R, Ode Zuhayeni Madjida W. Pengelompokan Provinsi Di Indonesia Berdasarkan Jumlah Kasus COVID-19 Dan Fasilitas Kesehatan. Jurnal Aplikasi Statiska Dan Komputasi Statistik. 2021; 13(1):47-56.
5. Jebaru Adon M, Rixnaldi Masut V. Dasar Pelayanan Tenaga Medis Bagi Pasien COVID-19 Sebagai Etika Tanggung Jawab Menurut Emmanuel Levinas. Jurnal Hukum Magnum Opus. 2022;2(1):53-67.
6. Damo NY, Porotu'o JP, Rambert GI, Rares FE. Diagnostik Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dengan pemeriksaan laboratorium mikrobiologi klinik. eBiomedik. 2021 Mar 19;9(1).
7. Frank KM. Microbiology in clinical pathology. Pathobiology of Human Disease. 2014:3237.
8. KEMENKES (Kementrian Kesehatan Republik Indonesia). Waspada Penyebaran Penyakit Infeksi Emerging. Buletin Master PIE . 2017;1.
9. Pelczar MJ, Chan EC, Hadioetomo RS. Dasar-dasar mikrobiologi. Universitas Indonesia; 1988.
10. Amelia Nasution R. Mikrobiologi. Vol 1. 1st ed. (Idami Z, Ari Perdana Nasution A, eds.). PT. Cahaya Rahmat Rahmani; 2023.
11. Rahayu C. Pemahaman Konsep Mikrobiologi Dasar Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar. Tesis. Universitas Indraprasta PGRI; 2017.
12. Arga Natania M, Yusuf A. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Permata Hati SPNF SKB Kota Malang. J+PLUS: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah. 2023;12(2):243-254.
13. Islami A, Putra A, Deswita R, Rusliah N. The effect of emotional intelligence on mathematical concepts understanding of junior high school students. Jurnal matematika dan Pembelajaran. 2020;8(1):61-75.
14. Simbolon P, Siringo-ringo M, Simbolon N. Kecerdasaran Emosional dengan Perilaku Etik Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Komputer dan Sains 2019. 2019:624-629.
15. Hidayatullaily S, Buairi H, Andriani P, Musholin R. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar terhadap Disposisi Matematis pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. 2023;4(1):112-119
16. Ernilah E, Toharudin M, Wahid FS. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Dasar ; The Influence Of Family Environment And Friends On The Emotional Intelligence Of Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Kontekstual. 2022;3(2):158-166.
17. Rafiqah, Amin F, Wayong M. Pengaruh Learning Cycle Berbasis Metode Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. 2019;7(2).
18. Hakim. A. R., Sulistiawati., dan Arifin. S. 2018. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika. 2018;3(2):165-176
19. Ardian A, Purwanto S, Alfarisi DS. Hubungan prestasi belajar siswa kelas khusus olahraga dengan kecerdasan emosional. Jurnal Keolahragaan. 2019;7(2):126-134
20. Susanto E, Wahidin. Technology-Based Islamic Education Approach in Learning Islamic Religious Subjects in Elementary Schools. Jurnal LENTERA; Jurnal Studi Pendidikan. 2023;5(2):103-118.
21. Hasnah, Hendra DA, Hapsah. Correlation between emotional intelligence and problem solving skill of helath students of faculty of medicine Universitas Hasanuddin. Indonesian Contemporary Nursing Journal. 2018:3(1);22-30
22. França Perazzo M, Guimarães Abreu L, Alejandro Pérez-Díaz P, K V P, Flávia Granville-Garcia A, Martins Paiva S. Trait Emotional Intelligence Questionnaire-Short Form: Brazilian Validation and Measurement Invariance between the United Kingdom and Latin-American Datasets. J Pers Assess. 2019;103(3):342-351.
23. Julika S, Setiyawati D. Kecerdasan Emosional, Stres Akademik, dan Kesejahteraan Subjektif pada Mahasiswa. Gadjah Mada Journal of Psychology. 2019;5(1):50-59
24. Suwardi DM, Ahman E, Machmud A, Iswanti. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan. 2021;5(1):61-70.
25. Hujjatusnaini N, Meliyani, Yuliandri, Yulianti I, Sulistiowati NY, Istiqomah. Analisis Pola Hubungan Antara Gaya Belajar, Karakter dn Multiple Intelligences Mahasiswa Pada Pembelajaran Biologi Terintegrasi Fenomenan Coronavirus-19. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah.2020;8(3):76-83