HUBUNGAN ANTARA PENDAMPINGAN 1.000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN DENGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU IBU MENYUSUI MENGENAI NUTRISI DI PUSKESMAS CIMAHI SELATAN

  • Ifa Siti Fasihah Departemen Obstetri dan Ginekologi, Fakutas Kedokteran,Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Muhamad Lutfi Herliyana Program Studi Kedokteran Umum, Fakutas Kedokteran, Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Anastasia Yani Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakutas Kedokteran,Universitas Jenderal Achmad Yani

Abstract

Masalah gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Seribu HPK dimulai dari kehamilan hingga anak usia dua tahun. Pada periode tersebut, seorang anak mendapat nutrisi terutama dari ibunya, dalam hal ini adalah ASI, sehingga Ibu menyusui perlu memperhatikan asupan gizinya, karena asupan gizi selama masa menyusui mempengaruhi asupan gizi yang didapat oleh anak. Pengetahuan dan sikap ibu akan berpengaruh terhadap perilaku ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pendampingan 1.000 HPK dengan pengetahuan, sikap, dan perilaku ibu menyusui terhadap nutrisi. Metode yang digunakan adalah analitik dengan rancangan cross sectional. Data primer diambil menggunakan kuesioner pada 80 orang ibu menyusui yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu ibu yang mendapatkan pendampingan dan yang tidak mendapatkan pendampingan. Pendampingan dilaksanakan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Unjani semester dua dan tiga berupa pemberian informasi, evaluasi, dan motivasi perilaku kesehatan berupa nutrisi ibu menyusui. Data dianalisis menggunakan regresi logistik sederhana dengan p<0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu memiliki hubungan yang bermakna (p<0,008) dengan pendampingan, serta memiliki peluang tiga kali lebih baik dibandingkan dengan ibu yang tidak mendapatkan pendampingan. Sikap ibu memiliki hubungan yang bermakna (p<0,002) dengan pendampingan, serta memiliki peluang empat kali memiliki sikap positif dibandingkan dengan ibu yang tidak mendapatkan pendampingan. Perilaku ibu memiliki hubungan yang bermakna dengan pendampingan (p<0,019), serta memiliki peluang empat kali lebih baik dibandingkan dengan ibu yang tidak mendapatkan pendampingan. Pendampingan 1.000 HPK menunjang pengetahuan, sikap, dan perilaku ibu menyusui terhadap nutrisi karena memberikan informasi, evaluasi, dan motivasi.


DOI : 10.35990/mk.v3n1.p25-36

Published
2019-12-09
How to Cite
FASIHAH, Ifa Siti; HERLIYANA, Muhamad Lutfi; YANI, Anastasia. HUBUNGAN ANTARA PENDAMPINGAN 1.000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN DENGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU IBU MENYUSUI MENGENAI NUTRISI DI PUSKESMAS CIMAHI SELATAN. Medika Kartika : Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 25 - 36, dec. 2019. ISSN 2655-6537. Available at: <http://medikakartika.unjani.ac.id/medikakartika/index.php/mk/article/view/70>. Date accessed: 17 july 2024.