POLA PENYEBARAN TUBERKULOSIS PARU DI KELURAHAN UTAMA KECAMATAN CIMAHI SELATAN TAHUN 2018

  • Anastasia Yani Triningtyas Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Thiara Haifa Kuntara Putri Program Studi Kedokteran Umum, Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Achmad Yani

Abstract

Tuberkulosis (TB) adalah salah satu dari sepuluh penyebab kematian utama di dunia. Angka  kejadian TB  tahun 2017 di Kota Cimahi mencapai 541 kasus, tertinggi ditemukan di Kecamatan Cimahi Selatan yaitu mencapai 134 kasus dengan Kelurahan Utama paling banyak yaitu 49 kasus. Surveilans dengan menggunakan analisis spasial akan menunjukkan lokasi penyebaran pasien TB Paru sehingga memudahkan untuk dilakukan perencanaan dan intervensi penanggulangan dengan memprioritaskan daerah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola penyebaran TB Paru dilihat dari jenis kelamin dan usia, serta analisis spasial berdasarkan kepadatan penduduk dan jumlah keluarga miskin di Kelurahan Utama Kecamatan Cimahi Selatan tahun 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif dengan analisis univariat dan analisis spasial. Sampel dalam penelitian ini adalah semua kasus TB Paru yang bertempat tinggal di  Kelurahan Utama Kecamatan Cimahi Selatan dan tercatat di Puskesmas Cimahi Selatan tahun 2018. Hasil penelitian menunjukkan sebaran kasus TB Paru di Kelurahan Utama paling banyak terdapat di RW 08, RW 11 dan RW 15. Distribusi kasus TB Paru di Kelurahan Utama lebih banyak terjadi pada perempuan (52,5%)  pada usia produktif  (85%). Kejadian TB paru tersebar di seluruh RW di Kelurahan Utama  yang merupakan wilayah dengan jumlah penduduk sangat padat. RW 03, RW 04, RW 06, RW 07, dan RW 16 merupakan wilayah dengan kepadatan yang tinggi namun memiliki sebaran yang rendah. Analisis spasial pola penyebaran TB Paru di Kelurahan Utama cenderung tidak mengikuti pola jumlah keluarga miskin. Kesimpulannya analisis spasial pola penyebaran TB Paru di Kelurahan Utama cenderung tidak mengikuti pola kepadatan penduduk dan jumlah keluarga miskin.


DOI : 10.35990/mk.v2n2.p98-109

Published
2019-04-30
How to Cite
TRININGTYAS, Anastasia Yani; PUTRI, Thiara Haifa Kuntara. POLA PENYEBARAN TUBERKULOSIS PARU DI KELURAHAN UTAMA KECAMATAN CIMAHI SELATAN TAHUN 2018. Medika Kartika : Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 98-109, apr. 2019. ISSN 2655-6537. Available at: <http://medikakartika.unjani.ac.id/medikakartika/index.php/mk/article/view/52>. Date accessed: 29 mar. 2024.