HUBUNGAN TIRAH BARING LAMA DENGAN TERJADINYA DEEP VEIN TROMBOSIS PADA PASIEN RAWAT BEDAH DI RSUP DR HASAN SADIKIN BANDUNG

  • Raden Hendi Departemen Ilmu Bedah RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung,
  • Teguh Marfen Djajakusumah Divisi Ilmu Bedah Vaskular Departemen Ilmu Bedah RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung
  • Putie Hapsari Divisi Ilmu Bedah Vaskular Departemen Ilmu Bedah RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung

Abstract

Deep vein Trombosis (DVT) merupakan suatu kondisi terbentuknya bekuan darah  pada sistem sirkulasi vena dalam yang dapat menyebabkan emboli paru yang berujung kematian. Salah satu penyebab terjadinya DVT adalah stasis aliran darah akibat tirah baring lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tirah baring lama (lebih dari 7 hari) dengan kemungkinan terjadinya DVT pada pasien yang dirawat di bangsal perawatan bedah RSUP Dr. Hasan Sadikin dengan melakukan pemeriksan USG kompresi dan pemeriksaan DDimer. Penelitian ini dilakukan dengan metode kohort prospektif observasional. Hasil penelitian menunjukkan dari 67 subjek penelitian, terdapat 44 pasien yang memenuhi kriteria inklusi, 57% diantaranya laki-laki. Rerata lama rawat adalah 12 hari. Hasil uji korelasi Spearman didapatkan r=0,000 yang artinya tidak terdapat korelasi antara tirah baring lama (2 minggu) dengan risiko terjadinya DVT. Kesimpulan dari penelitian ini tidak terdapat hubungan tirah baring lama dengan terjadinya DVT pada pasien-pasien yang dirawat di ruang rawat bedah RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung.


DOI : 10.35990/mk.v2n1.p1-14

Published
2018-10-30
How to Cite
HENDI, Raden; DJAJAKUSUMAH, Teguh Marfen; HAPSARI, Putie. HUBUNGAN TIRAH BARING LAMA DENGAN TERJADINYA DEEP VEIN TROMBOSIS PADA PASIEN RAWAT BEDAH DI RSUP DR HASAN SADIKIN BANDUNG. Medika Kartika : Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1 - 14, oct. 2018. ISSN 2655-6537. Available at: <http://medikakartika.unjani.ac.id/medikakartika/index.php/mk/article/view/29>. Date accessed: 03 july 2024.