PENGARUH PERAWATAN ORTODONTI DENGAN BEBERAPA JENIS ALAT ORTODONTI TERHADAP PERUBAHAN pH DAN VOLUME SALIVA

  • Rudi Satria Darwis Departemen Ortodonti, Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Hartanto Endro Wahyudi Departemen Konservasi Gigi, Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Wulan Kartika Program profesi dokter gigi, Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani

Abstract

Saliva merupakan cairan tubuh yang sangat penting dan berperan terhadap integritas mukosa oral. Perawatan ortodonti merupakan suatu tindakan yang dapat mempengaruhi karateristik saliva. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek perawatan ortodonti terhadap karakteristik saliva. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengukuran volume dan pH saliva sebelum dan sesudah pemasangan alat ortodonti pada 30 orang sampel (usia 235.2 tahun) yang masing-masing dirawat dengan alat ortodonti lepasan dan alat ortodonti cekat konvensional dan self ligating braket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dan perbedaan volume sebelum dan sesudah penggunaan alat ortodonti lepasan dengan nilai 0,012 (p < 0,05), sedangkan kelompok pemakaian alat ortodonti cekat konvensional terdapat perubahan sebelum dan sesudah sebanyak 0,012 dengan p <0,05, dan kelompok braket self ligating dengan nilai 0,006 dengan p < 0,05. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak  terdapat perubahan pH sebelum dan sesudah penggunaan alat ortodonti lepasan sedangkan terdapat perbedaan kadar pH sebelum dan sesudah penggunaan alat ortodonti cekat secara signifikan. Perawatan ortodonti dapat mempengaruhi karateristik saliva, yaitu terjadi peningkatan volume  saliva sebelum dan sesudah penggunaan alat. Namun tidak terdapat perubahan pH saliva pada pengguna alat  ortodonti lepasan, sedangkan penggunaan alat ortodonti cekat mempengaruhi nilai pH.


DOI : 10.35990/mk.v1n2.p126-133

Published
2018-04-30
How to Cite
DARWIS, Rudi Satria; WAHYUDI, Hartanto Endro; KARTIKA, Wulan. PENGARUH PERAWATAN ORTODONTI DENGAN BEBERAPA JENIS ALAT ORTODONTI TERHADAP PERUBAHAN pH DAN VOLUME SALIVA. Medika Kartika : Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 126-133, apr. 2018. ISSN 2655-6537. Available at: <http://medikakartika.unjani.ac.id/medikakartika/index.php/mk/article/view/14>. Date accessed: 20 apr. 2024.