OTITIS MEDIA AKUT DENGAN KOMPLIKASI MASTOIDITIS AKUT DAN LABIRINTITIS AKUT PADA DEWASA

  • Nurbaiti Nazarudin Bagian Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok - Bedah Kepala dan Leher, Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani

Abstract

Otitis media akut (OMA) merupakan penyakit infeksi pada telinga tengah yang disebabkan oleh bakteri. Walaupun OMA paling sering terjadi pada usia 6 bulan sampai 3 tahun, tetapi dapat juga terjadi pada orang dewasa. Patofisiologi terjadinya otitis media terdiri dari berbagai faktor, yaitu: faktor individu, faktor anatomi/ fisiologi dan faktor lingkungan. Komplikasi dapat terjadi akibat OMA yang tidak diobati, pengobatan yang tidak adekuat dan adanya bakteri yang resisten terhadap antibiotik. Komplikasi intratemporal dan intrakranial akibat OMA jarang terjadi dan dapat berakibat fatal. Tujuan laporan kasus ini adalah melaporkan kasus yang jarang terjadi, yaitu: OMA dengan komplikasi intratemporal mastoiditis akut dan labirintitis akut pada orang dewasa. Dilaporkan 1 kasus OMA stadium perforasi auris sinistra pada seorang laki-laki usia 26 tahun dengan komplikasi mastoiditis akut sinistra dan labirintitis akut. Pemberian antibiotik sistemik secara empiris, analgetik-antiinflamasi, anti histamin, anti mual-muntah, antibiotik dan antiseptik topikal. Pada pasien ini tidak dilakukan tindakan operatif, karena terjadi perbaikan tanda dan gejala klinis dengan terapi medikamentosa. Diagnosis OMA dengan komplikasi intratemporal pada pasien ini  tergantung pada gejala klinis yang terjadi. Mastoiditis akut sinistra ditandai dengan nyeri, bengkak dan warna kemerahan di belakang telinga kiri. Labirintitis akut ditandai dengan gangguan pendengaran pada telinga kiri, pusing berputar, mual dan muntah. Penatalaksanaan OMA dengan komplikasi intratemporal tidak selalu diperlukan tindakan operatif. Diagnosis secara dini dan pengobatan yang cepat dan tepat akan menghindarkan komplikasi yang lebih lanjut.


DOI : 10.35990/mk.v4n1.p23-34

Published
2020-11-01
How to Cite
NAZARUDIN, Nurbaiti. OTITIS MEDIA AKUT DENGAN KOMPLIKASI MASTOIDITIS AKUT DAN LABIRINTITIS AKUT PADA DEWASA. Medika Kartika : Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 23-34, nov. 2020. ISSN 2655-6537. Available at: <http://medikakartika.unjani.ac.id/medikakartika/index.php/mk/article/view/117>. Date accessed: 26 apr. 2024.