EVALUASI RASIONALITAS PENGGUNAAN ANTIBIOTIK DENGAN PENDEKATAN METODE GYSSENS TERHADAP LUARAN KLINIS PASIEN BALITA PENDERITA PNEUMONIA DI RSUD KOTA BOGOR

  • Naifah Luthfiyah Putri Program Studi Sarjana Kedokteran, Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta
  • Hany Yusmaini Departemen Farmakologi, Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta
  • Sugeng Wiyono Jurusan Gizi, Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Jakarta II

Abstract

Pneumonia merupakan penyebab terbanyak kematian balita di dunia terutama di Indonesia. Insidensi penyakit pneumonia di Indonesia mengalami peningkatan dari 63,45% pada tahun 2015 menjadi 65,27% pada tahun 2016. Pada tahun 2017, pneumonia termasuk ke dalam 10 besar penyakit terbanyak di instalasi rawat inap RSUD Kota Bogor. Kejadian resistensi antibiotik pada penyakit infeksi seperti pneumonia telah menjadi masalah global. Salah satu cara untuk mengatasi kejadian resistensi antibiotik adalah dengan melakukan evaluasi rasionalitas penggunaan antibiotik. Evaluasi rasionalitas penggunaan antibiotik pada pasien pneumonia balita di RSUD Kota Bogor belum pernah dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional analitik berdasarkan data rekam medis pasien pneumonia balita yang dirawat inap di RSUD Kota Bogor Tahun 2017 dengan jumlah sampel pasien pneumonia balita yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 77 orang. Penelitian ini mengevaluasi rasionalitas penggunaan antibiotik dengan menggunakan metode Gyssens dan melihat luaran klinis berupa suhu tubuh pada 48-72 jam setelah penggunaan antibiotik. Hasil penelitian ini adalah 51,9% penggunaannya rasional, artinya bahwa penggunaan antibiotik pada 51,9% pasien telah memenuhi seluruh kriteria Gyssens. Penggunaan antibiotik yang rasional akan memberikan optimalisasi terapi antibiotik sehingga luaran  klinis yang dihasilkan juga optimal atau baik. Terdapat hubungan antara penggunaan antibiotik dengan luaran klinis pada pasien rawat inap balita penderita pneumonia di RSUD Kota Bogor Tahun 2017.


DOI : 10.35990/mk.v4n1.p74-87

Published
2020-11-01
How to Cite
PUTRI, Naifah Luthfiyah; YUSMAINI, Hany; WIYONO, Sugeng. EVALUASI RASIONALITAS PENGGUNAAN ANTIBIOTIK DENGAN PENDEKATAN METODE GYSSENS TERHADAP LUARAN KLINIS PASIEN BALITA PENDERITA PNEUMONIA DI RSUD KOTA BOGOR. Medika Kartika : Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 74-87, nov. 2020. ISSN 2655-6537. Available at: <http://medikakartika.unjani.ac.id/medikakartika/index.php/mk/article/view/116>. Date accessed: 26 apr. 2024.